Minggu, 22 Maret 2015

CSLeaders, Beasiswa Ilmu Komputer Pertama di Indonesia

Productivity - 10 Mar 2015 - oleh Amrillah Wardi
CSLeaders, Beasiswa Ilmu Komputer Pertama di Indonesia
Antusiasme masyarakat Indonesia dalam hal teknologi sepertinya semakin hari semakin meningkat yaa. Animo tersebut dapat kita lihat dari menjamurnya startup teknologi dan ketertarikan berbagai pihak (baik korporat maupun individu) dalam hal produk gadget, komputer, wearable device, dan lain sebagainya. Namun sayangnya, sebagian besar dari kita masih menjadi konsumen produk-produk tersebut.

Nah, demi mengembangkan generasi masa depan Indonesia yang lebih baik dan memunculkan pemimpin-pemimpin baru dalam bidang teknologi, kini telah hadir beasiswa yang bernama Computer Science Leaders program (CSLeaders). CSLeaders sendiri merupakan program yang dibentuk oleh lembaga non-profit yang menyediakan beasiswa bagi siswa-siswi lulusan Sekolah Menengah Atas yang tertarik untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang kuliah dalam bidang studi Ilmu Komputer di berbagai universitas ternama di Indonesia.
Melalui program ini, CSLeaders akan menanggung seluruh biaya kuliah, biaya tunggal, bahan pelajaran, dan juga menyedian pendanaan bagi penelitian di tahun terakhir, bersamaan dengan mentoring yang terus berjalan agar siswa dan siswi tersebut memiliki semangat kemandirian serta kewirausahaan. CSLeaders kini juga sedang dalam tahap peresmian perjanjian kerjasama dengan beberapa institusi pendidikan ternama di Indonesia seperti Universitas Indonesia (UI) dan Institut Teknologi Bandung (ITB). Yayasan ini terbuka pula terhadap langkah kerjasama dengan universitas-universitas lainnya di Indonesia.

Bagi kamu yang ingin mendapatkan beasiswa CSLeaders, maka kamu harus memenuhi syarat-syarat berikut ini:
  • Terbuka untuk seluruh warga negara Indonesia, yang berusia di bawah 21 tahun pada tanggal 31 Maret 2015.
  • Calon penerima beasiswa merupakan siswa/siswi Sekolah Menengah Atas semester 5 atau lebih lanjut; dan akan lulus sekolah di bulan Mei 2015.
  • Memiliki nilai rata-rata 7.5 dari 10 nilai kognitif keseluruhan dan rata-rata 8.5 di mata pelajaran matematika dalam kurikulum berbasis KTSP.
  • Memiliki nilai rata-rata 3.0 dari 4 nilai sains secara umum dan rata-rata 3.4 average dalam bidang studi matematika dalam kurikulum tahun 2013.
  • Memiliki kemampuan Bahasa Inggris di atas rata-rata.
  • Aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan kesiswaan.
  • Menulis sebuah esai yang kemudian dikirimkan ke CS Leaders, minimal 500 kata dalam bahasa Inggris; Selanjutnya akan diadakan proses interview berdasarkan esai yang terpilih.
Formulir pendaftaran beasiswa ini tersedia di situs web, beserta informasi lmu lengkap mengenai bidang usaha dan keahlian Ilmu Komputer. Silahkan berkunjung ke: http://www.csleaders.org.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar