Minggu, 22 Maret 2015

Cerita dalam The King of Fighters [persembahan buat teman-teman fanboy KOF]

Cerita dalam The King of Fighters [persembahan buat teman-teman fanboy KOF]

Quote:Genre fighting termasuk genre game tertua dan juga sangat populer. Genre ini mengalami masa keemasan pada awal th 90-an, dan Street Fighter II produksi Capcom-lah yang memulai masa keemasan tersebut (dengan gerakan setengah lingkarannya ). Kesuksesan Street Fighter membuat genre fighting menjamur. Banyak developer berlomba-lomba membuat game fighting, apalagi didukung mesin arcade yang juga sangat populer. Dari banyaknya game fighting selain SF II yang beredar, hanya beberapa yang bertahan dengan menelurkan beberapa sekuel.

Waktu itu, game fighting bisa dibilang dikuasai oleh dua developer yaitu Capcom dan Shin Nihon Kikoku (SNK). Game fighting Capcom menawarkan gameplay yg fast paced, lebih banyak efek sinar/ledakan dan gerakan yg luwes dan kadang char yang over balanced, sedang SNK bertahan dengan gameplay lebih mengarah ke teknik, slow paced, char yg lebih balanced dengan storyline yang kuat. Yah, th 90-an memang surga-nya para gamer fighting, dan puncaknya adalah pada tahun 1994 saat SNK merilis game The King of Fighters 94 (KOF 94)

KOF 94 merupakan game tag team 3 vs 3. Dengan ketajaman detail graphic 2D yang luar biasa dan gerakan karakter-nya yang sangat luwes, dengan mudah KOF 94 merajai genre fighting kala itu. Karakter-nya pun selain original dari game tersebut ada beberapa karakter yang sangat familier bagi penggemar game2 SNK seperti Ryo, Robert, Takuma dari seri Art of Fighting, Terry, Andy, Joe dan Kim dari seri Fatal Fury. SNK juga memasukkan karakter dari game selain fighting seperti Athena dan Kensou dari game side scrolling lawasnya Psycho Soldier dan Clark, Ralf dari game shooting Ikari Warriors. Sayang tokoh2 dari Samurai Shodown tidak ada (mungkin karena perbedaan setting jaman jadi tidak dimasukkan, walau akhirnya Hanzo muncul juga 12 tahun kemudian di KOF Maximum Impact 2).

Storyline? Ya ya, para jagoan tersebut tidak mungkin berkumpul tanpa sebab bukan? Pasti ada kisah yang mendasarinya. Apakah para pendekar tesebut bersatu untuk menyelamatkan dunia dari tokoh mutant jahat? Ternyata ceritanya tidak sedangkal itu. Tidak seperti game fighting serupa milik Capcom (X-men vs Street Fighter, marvel vs capcom, dll), susunan cerita seri KOF sangat kuat. Bahkan team roster yang kadang berubah juga ada dasar ceritanya, yang penuh lika-liku, tragedi, pembunuhan dan penderitaan.


Secara garis besar, cerita dalam game KOF yang sudah beredar sekarang ini dibagi menjadi 3 saga yaitu Orochi Saga, NESTS Saga dan Ash Crimson Saga. Setiap saga memiliki tokoh-tokoh sentral masing-masing. Orochi Saga berpusat pada Kyo Kusanagi, Iori Yagami dan Chizuru Kagura, NESTS Saga berpusat pada K', Maxima dan Whip, sedang Ash Crimson Saga berpusat pada Ash Crimson dan Elisabeth Blanchtorche. Sedangkan kisah dalam Maximum Impact sengaja tidak gw sertakan, karena disamping cerita yang melenceng jauh dan plot yang aneh, seri ini dianggap oleh sebagian fans merupakan karya gagal karena tidak mencerminkan soul KOF itu sendiri. Gameplay yang tidak lagi teamplay 3 vs 3 dinilai fans sebagai blunder fatal. Karena itulah tokoh-tokoh orisinil dalam Maximum Impact (ie: Meira Brothers) tidak pernah muncul di game KOF selanjutnya.




Awalnya The King of Fighters merupakan sebuah turnamen ilegal yang diselenggarakan oleh Rugal Bernstein. Dia merupakan pengusaha kaya yang memiliki jaringan obat bius, bisnis senjata dan bisnis gelap lainnya. Dengan mengirimkan undangan berbentuk amplop putih bersegel merah huruf ‘R’, Rugal mengumpulkan para pendekar dari berbagai negara untuk disatukan dalam turnamen beladiri 3 vs 3. Selain menjalankan bisnis kotor, Rugal juga seorang petarung tangguh yang psikomaniak. Biasanya setelah mengalahkan musuhnya dalam pertarungan, dia menuangkan cairan logam panas ke mulut musuhnya dan menjadikannya patung besi, untuk dijadikan koleksi di ruang pribadi-nya, di kapal pesiar miliknya sekaligus venue tempat grand final turnamen, yang bernama Black Noah.


Tujuan Rugal menggelar turnamen KOF kemungkinan besar hanyalah untuk menambah koleksi patung-patung besi-nya. Dia mengincar salah seorang peserta yang memiliki kekuatan api yang luar biasa yang bernama Kyo Kusanagi, pemimpin team Japan, sekaligus kandidat juara terkuat. Kyo berasal dari sebuah klan misterius bernama Kusanagi yang menguasai kekuatan crimson flame, anggota lainnya adalah Goro Daimon, seorang juara olimpiade cabang judo, dan Benimaru Nikaido, teman Kyo dengan shootboxing-nya. Turnamen ini berakhir dengan kematian Rugal yang meledakkan diri di kapalnya karena tidak terima dikalahkan oleh Kyo Kusanagi.



Setahun kemudian, beredar kembali undangan turnamen The King of Fighters. Wujud undangannya pun sama, amplop putih dengan segel ‘R’ merah. Rugal? Yup, Rugal is back! Dia ternyata tidak mati. Peserta undangan sebagian besar masih sama dengan tahun lalu dengan beberapa peserta baru (seperti Billy Kane dan Kisaragi Eiji). Yang menarik, muncul seseorang dengan kekuatan api seperti Kyo, tapi tidak seperti Kyo, kekuatan api-nya berwarna biru. Dialah Iori Yagami, perwakilan dari klan Yagami, yang merupakan musuh besar klan Kusanagi. Tujuan Iori mengikuti turnamen sudah jelas, untuk mengalahkan Kyo.


Tetapi ada hal lain yang terjadi. Kyo dan Iori merasakan aura kekuatan jahat yang sangat kuat di turnamen ini. Kekuatan jahat yang berhubungan erat dengan masa lalu klan mereka berdua. Di babak final team Kyo berhadapan dengan seorang tangan kanan Rugal, yang bernama Saisyu Kusanagi. Ya! Dialah ayah Kyo Kusanagi. Tahun lalu Saisyu sempat menantang Rugal tetapi dia kalah. Awalnya Rugal bermaksud menjadikannya patung besi tapi akhirnya dimanfaatkan untuk membantunya mengalahkan Kyo. Saisyupun dicuci otaknya oleh Vice dan Mature, dua gadis misterius sekretaris pribadi Rugal. Saisyu bisa dikalahkan oleh Kyo.

Kyo akhirnya berhadapan kembali dengan Rugal. Kali ini Rugal telah bersiap dengan kekuatan barunya, yang disebut kekuatan dewa Orochi. Ternyata kekuatan inilah yang dirasakan oleh Kyo dan Iori. Rugal yang menggunakan kekuatan tersebut sehingga dia bisa selamat dari ledakan di Black Noah. Konon kekuatan tersebut didapat setelah dia bertarung dengan seseorang misterius dan kehilangan satu matanya. Demi mengalahkan Kyo, Rugal mengeluarkan kekuatan Orochi yang tersembunyi dalam dirinya dan berubah jadi Omega Rugal. Namun Omega Rugal dapat dengan mudah dikalahkan oleh team Kyo karena Rugal tak mampu mengendalikan kekuatan Orochi dalam dirinya. Rugal tewas sedangkan Saisyu menghilang meninggalkan Kyo.

Setelah kematian Rugal, muncul teka-teki baru, dari siapa Rugal mendapatkan kekuatan Orochi? Apa atau siapa itu dewa Orochi? Apa hubungannya dengan klan Kusanagi dan Yagami? Kenapa mereka bermusuhan? Semuanya bermula dari sebuah kejadian yang terjadi di masa lalu.
Quote:Di masa silam, Orochi (atau biasa disebut Yamata no Orochi) adalah dewa berwujud ular raksasa berkepala delapan, yang bertugas menjaga keseimbangan alam dan sekaligus pelayan dari Gaia, yang konon merupakan ibu dari segala dewa, pencipta alam semesta. Orochi membentuk klan yang memiliki delapan pendekar tangguh yang disebut Hakkeshu yang memiliki kekuatan spiritual khusus. Kekuatan mereka mewakili delapan elemen: angin, bumi, petir, api, cahaya, kegelapan / bayangan, kematian dan air. Hakkeshu mewakili kekuatan delapan kepala Orochi. Hakkesshu dipimpin oleh Four Heavenly Kings, empat anggota Hakkeshu yang terkuat. Orochi dan Hakkeshu selama ratusan tahun penjaga alam dari berbagai kerusakan. Tapi sering dengan bertambahnya populasi manusia, alam makin rusak karena ulah manusia.


Yamata no Orochi, dalam ilustrasi kuno Jepang
Beberapa ratus tahun kemudian tepatnya 1800 tahun lalu, Orochi sudah tak dapat mentolerir lagi ulah manusia yang semakin merusak alam, dan bermaksud memusnahkan seluruh manusia. Perang pun terjadi antara Orochi bersama clan-nya melawan manusia. Perang berakhir setelah klan Kusanagi, Yasakani dan Yata berhasil mengalahkan mereka dengan tiga buah pusaka dari masing-masing clan yang disebut Three Sacred Treasure yaitu cermin Yata, magatama Yasakani, dan pedang Kusanagi. Orochi dan Hakkeshu dikurung dan disegel secara terpisah. Klan Yata dipercaya sebagai penjaga segel tersebut.

600 tahun kemudian, kekuatan segel semakin lemah. 3 klan bermaksud memindahkan lokasi segel ke tempat lain. Sayang dalam prosesnya, Hakkeshu berhasil lolos. Tidak hanya itu, salah satu Hakkeshu membunuh istri pemimpin klan Yasakani, dan menaruh mayatnya di daerah klan Kusanagi. Dibakar dendam, klan Yasakani bermaksud menghancurkan klan Kusanagi. Sadar kalau klan Kusanagi lebih kuat, klan Yasakani mengadakan semacam “pakta darah” dengan Orochi, dan mengembangkan teknik terlarang yang disebut Kin 1211 Shiki: Ya Otome, atau Deliverance of Eight Maiden,dan mengubah nama klan-nya menjadi Yagami.

Turnamen KOF mulai terkenal. Banyak perusahaan besar internasional mensponsori turnamen ini. Wujud turnamen yang semula hanyalah pertarungan jalanan berubah menjadi pertandingan skala besar yang digelar di stadion resmi. Sekali lagi turnamen digelar. Penyelenggara turnamen bukanlah Rugal, tetapi sebuah perusahaan bernama Kagura Enterprises yang dipimpin oleh Chizuru Kagura. Kagura tidak sendiri, dia dibantu oleh Howard Connection perusahaan milik Geese Howard. Kyo kembali ikut bersama Goro dan Benimaru. Sedangkan Iori, karena tidak memiliki anggota team, bergabung dengan Vice dan Mature, dua mantan sekretaris pribadi Rugal yang sepertinya memiliki tujuan sendiri dalam mengikuti turnamen ini.


Belakangan akhirnya terungkap bahwa Kagura adalah perwakilan klan Yata dimana tujuan menyelenggarakan KOF adalah meminta bantuan Kyo dan Iori untuk memperbaiki segel Orochi yang rusak, yang dirusak oleh seseorang bernama Leopold Goenitz, yang ternyata adalah salah satu dari Heavenly Kings, pemimpin Hakkeshu. Goenitz berhasil merusak segel setelah membunuh Maki Kagura, sang penjaga segel dan juga kakak perempuan dari Chizuru. Selain itu tujuan lain Chizuru menyelenggarakan turnamen adalah memancing kemunculan Goenitz, sekaligus membalas dendam kematian kakaknya.


Chizuru Kagura dan Leopold Goenitz
Di pertandingan final, Goenitz benar-benar muncul dan menghancurkan stadion venue dengan kekuatan angin badai-nya. Goenitz bermaksud membunuh Kyo, Iori dan Chizuru agar memperlancar tujuannya yaitu membangkitkan Orochi dengan menyingkirkan semua sisa keluarga klan Kusanagi, Yasakani dan Yata. Goenitz jugalah yang memberi kekuatan Orochi pada Rugal dan menugaskan Vice dan Mature untuk mengawasi. Hanya saja karena Rugal bukan anggota klan Yasakani atau anggota Hakkeshu yang dipilih oleh Orochi, dia tidak mampu mengendalikan kekuatan Orochi yang justru membunuhnya. Terungkap kalau Vice dan Mature ternyata adalah anggota Hakkeshu dengan elemen kegelapan (Vice) dan cahaya (Mature). Akhirnya Goenitz bisa dikalahkan oleh Kyo dengan bantuan Chizuru dan Iori. Tidak terima dengan kekalahan tersebut Goenitz bunuh diri. Iori yang merasa dikhianati, tiba-tiba hilang kesadaran dan mengamuk membabi buta, membunuh Vice dan Mature (kondisi ini disebut Riot of the Blood, yang bisa terjadi pada manusia yang memiliki kekuatan Orochi pada darahnya). Masalah belum selesai, kali ini Chizuru merasakan aura dari Hakkesshu yang lain, salah satunya muncul dari peserta yaitu Leona, putri angkat Heidern komandan team Ikari.
Quote:
Leona Heidern dan versi Riot of The Blood
Leona adalah putri dari Gaidel, salah satu anggota Hakkeshu yang memiliki elemen air. Gaidel dibunuh oleh Goenitz karena menolak untuk membantunya membangkitkan Orochi. Memanfaatkan darah Orochi yang ada di tubuh Leona, Goenitz meledakkan kekuatan Orochi dalam diri Leona, sehingga Leona mengalami Riot of the Blood, mengamuk tak terkendali, membunuh kedua orang tuanya sekaligus seluruh penduduk desa tempat tinggalnya. Shock dengan apa yang terjadi, Leona kecil hilang ingatan dan hidup sebatang kara tanpa tujuan di hutan. Akhirnya Leona diadopsi oleh Heidern dan resmi menjadi pemimpin team Ikari.



Bencana badai yang terjadi di stadion venue KOF 96 yang menewaskan banyak penontonnya, ternyata tidak menyurutkan minat berbagai perusahaan besar untuk menyelenggarakannya kembali. KOF kembali digelar dengan semakin banyak perusahaan yang menjadi sponsornya, dan dikarenakan pesertanya dari berbagai negara semakin membludak, maka di tiap2 negara diselenggarakan babak kualifikasi. (Dan kali ini pulau Bali mendapat kehormatan untuk menyelenggarakan salah satu babak kualifikasi ).Seperti yang telah diprediksi oleh Chizuru, kebangkitan Orochi sepertinya semakin tak terbendung. Hal ini ditandai dengan telah munculnya tiga Hakkesshu dari turnamen sebelumnya yaitu Goenitz, Leona, dan dua anggota team Iori yaitu Vice dan Mature. Chizuru memutuskan ikut turnamen sebagai peserta biasa, agar lebih leluasa untuk menyelidiki siapa sisa Hakkeshu yang lain.


Penyelidikan Chizuru mengarah pada peserta bernama Ryuji Yamasaki, yang tergabung bersama Blue Mary dan Billy Kane dan team pendatang baru yang penampilannya lebih mirip grup band, yang berisi Yashiro Nanakase, Shermie dan Chris yang menurut pihak penyelenggara, mereka adalah team pengganti USA Team Sports yang berhalangan hadir. Penyelidikan Chizuru membuahkan hasil, keempatnya adalah Hakkeshu dengan empat elemen sisa yaitu kematian (Ryuji), tanah (Yashiro), petir (Shermie) dan api (Chris). Yashiro berhasil mendapatkan undangan turnamen dengan cara membunuh seluruh anggota USA Team Sport. Tujuan team Yashiro sudah jelas, membangkitkan Orochi dengan mengumpulkan energi para peserta dan membunuh seluruh sisa klan Kusanagi, Yasakani dan Yata. Yashiro dkk pun mengajak Ryuji untuk membangkitkan Orochi, tapi Ryuji menolak karena sejak awal memang tidak mau terlibat dengan segala hal yang berhubungan dengan Orochi. Yashiro bermaksud membunuh Ryuji tapi Ryuji mampu melawannya dengan kondisi Riot of the Blood tetapi dengan kesadaran penuh. Yashiro dkk pun urung membunuh Ryuji, disamping tidak ingin kehilangan banyak kekuatan, karena memang bukan Ryuji-lah sasaran utamanya.


anggota klan Hakkeshu
Team Yashiro berhasil mencapai babak final berhadapan dengan team Kyo. Akhirnya diketahui bahwa Yashiro, Shermie dan Chris adalah 3 anggota Heavenly King yang tersisa. Orochi-pun benar-benar bangkit dengan merasuki tubuh Chris. Yashiro dan Shermie mengorbankan diri demi menambah kekuatan dewa junjungan mereka. Chizuru dan Iori bergabung membantu Kyo mengadapi Orochi, yang terlihat sangat mustahil dikalahkan. Tapi ada harapan, karena tidak ada Hakkeshu yang mewakili kedelapan kepala Orochi, kemungkinan Orochi tidak sekuat dahulu.


sosok Orochi yang telah bangkit
Sayang, Orochi sangat licik. Melihat ada anggota klan Yagami, Orochi membuat Iori mengalami berserk Riot of the Blood, dengan harapan Iori membantunya membunuh Kyo dan Chizuru. Diluar dugaan Iori menyerang Orochi, dengan kondisi Riot of the Blood, Iori mampu mengimbangi kekuatan Orochi. Kesempatan ini tidak disia-siakan Kyo dan Chizuru. Kyo melancarkan jurus pamungkas klan-nya yaitu Ura 108 Shiki: Orochi-nagi (Reversed Method 108: Great Serpent Killer). Ledakan besar terjadi dan Orochi berhasil dikurung kembali. Sedangkan Kyo, Iori dan Chizuru menghilang di ledakan itu.

bersambung ke saga ke dua yaitu The NESTS Saga....

1 komentar: